Suzuki Ekspor 1.200 Karimun Wagon R ke Pakistan

PT Suzuki Indomobil Sales resmi mengekspor 1.200 unit varian mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) Karimun Wagon R ke Pakistan. Mobil itu akan diekspor dalam keadaan terurai (full completely knocked down) dalam tiga varian.
“Untuk meningkatkan penjualan di luar negeri, kami akan mulai ekspor ke Pakistan,“ kata Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor Shuji Oishi di Bekasi, Jawa Barat, kemarin.
Pihaknya akan melakukan ekspor sebanyak 1.200 unit dan secara bertahap akan meningkatkan jumlah tersebut menjadi 20 ribu unit per tahun.

Pada 2013, kendaraan roda empat Suzuki terjual sebanyak 26.533 unit dan 114.335 unit kendaraan roda dua.
Rencana di masa depan, pihaknya akan mengekspor 50 ribu unit kendaraan roda empat dan 190 ribu roda dua.
“Kami akan terus mengupayakan produk terbaik yang memenuhi kualitas serta kompetitif untuk pasar domestik dan luar negeri,“ katanya.
Suzuki sebelumnya sudah mengekspor beberapa varian, yakni Grand Vitara, Swift, SX4, Ertiga, dan APV ke 84 negara.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menyebut adanya tambahan ekspor dari Suzuki membuktikan kendaraan produksi dengan konten Indonesia memiliki mutu yang baik dan bisa diekspor. “Sekarang kan sudah 84 negara tujuan ekspor,“ katanya.

Di sisi lain, pabrik baru Suzuki yang terletak di GIIC Cikarang, Bekasi, dengan luas area 130,7 ha direncanakan akan memproduksi Ertiga. Rencana produksi pada pabrik baru tersebut yakni 50 ribu unit per tahun yang akan dimulai pada 2015.
“Itu baru rencana produksi di pabrik baru,“ kata Wakil Presiden Suzuki Motor Corporation Toshihiro Suzuki.

Namun, dia menyebut rencana tersebut bisa diperbesar sesuai dengan permintaan pasar. Kapasitasnya sendiri bisa mencapai 125 ribu unit per tahun pada 2015. Namun, kapasitas itu belum final karena bisa diperbesar.

Ia menyebut total investasi pabrik senilai 93 miliar yen (sekitar Rp10,88 triliun). (Ant/E-4) Media Indonesia, 6/6/2014; 19

0 komentar:

Posting Komentar